Feb 17 2008

Infeksi Saluran Kencing (ISK) Pada Wanita

Published by admin at 2:20 pm under Kesehatan

Tahukah anda infeksi saluran kencing lebih sering mengenai wanita daripada pria?Mengapa ? Sebelum membahas lebih lanjut , mari kita ketahui dahulu tentang apa sih infeksi saluran kencing itu.

Infeksi saluran kencing adalah infeksi pada saluran kencing karena mikroorganisme. Paling sering disebabkan oleh E.Coli sebuah kuman pathogen yang hidup didaerah usus besar.

ISK atau infeksi saluran kencing secara klinik timbul sebagai ISK bagian bawah dan ISK bagian atas. ISK bagian bawah adalah ISK yang paling sering terjadi yang disebut “ urethritis atau cystitis.

ISK bagian atas biasanya sering disebabkan oleh kuman pathogen yang sama dengan ISK bagian bawah, hal ini terjadi karena ISK bagian bawah tidak diobati secara tepat sehingga kuman tersebut naik dari kantong kemih ke ginjal, dan dapat menyebabkan infeksi yang serius dari ginjal.

Jadi ISK atau infeksi saluran kencing, dapat diobati dengan pemberian antibiotic yang sesuai, jika tidak diobati dengan baik dapat menjadi komplikasi yang serius yang nantinya akan memerlukan pengobatan lebih lama.

Gejala dari ISK ini seperti;

Rasa nyeri sewaktu buang air kecil
Kencing keluar sedikit-sedikit
Sering kencing atau sulit menahan kencing
Darah didalam air kencing.
Nyeri tekan perut bagian bawah
Air kencing tampak bewarna keruh dan / atau berbau
Panas, mual atau muntah.

Mengapa wanita lebih sering terkena ISK ini?

• Wanita lebih sering terkena ISK karena saluran urethra atau saluran kencing wanita lebih pendek dibanding pria. Ini menyebabkan bakteri lebih mudah masuk ke kandung kemih karena urethra (saluran kencing) lebih dekat ke sumber bakteri seperti daerah anus.
• Pada wanita dengan seksualitias yang aktif, terdapat factor predisposisi lainnnya untuk berkembang menjadi ISK. Seperti; Penggunakan kontrasepsi diafragma (kondom wanita); Metode seksual yang dilakukan.
• Pada wanita hamil, dapat lebih sering terkena ISK karena adanya perubahan hormonal dan perubahan dari posisi saluran kencing selama kehamilan.
• Insiden ISK meningkata pada wanita dengan bertambahnya usia

Sebenarnya ISK dapat dilakukan pencegahan , dan kita semua tahu bahwa pencegahan lebih baik dari pada mengobati.

Beberapa tips untuk Mencegah ISK atau Infeksi Saluran Kencing;
• Minum cukup air hal ini adalah untuk mengencerkan konsentrasi baktri didalam kandung kemih. Seperti kita tahu kebutuhan cairan tubuh kita sekitar 2 lt perhari.
• Jangan menahan kencing. Menahan kencing hanya akan membuat bakteri berkembang.
• Pakailah celana dalam dari bahan koton untuk menjaga area tersebut kering.
• Hindari memakai celana yang terlalu ketat yang akan membuat panas dan basah/berkeringat, membuat area tersebut mudah untuk ditumbuhi bakteri.
• Untuk wanita cara membersihkan kemaluan adalah mulai dari depan ke arah belakang, ini untuk mengurangi masuknya bakteri dari daerah anus ke area saluran kencing.
• Seksualitas—minumlah segelas air sebelum melakukan hubungan seks dan buang air kecil sebelum dan sesudah hubungan seksual.
• Jika masalah penyebabnya adalah diafragma kontrasepsi maka coba untuk mengantinya dengan metode kontrasepsi yang lain..
• Hindari mandi berendam. Mandi dengan shower atau siraman lebih baik daripada berendam.

Mudah-mudahan informasi ini dapat membantu anda dalam mencegah terjadinya ISK karena seperti dijelaskan bahwa ISK lebih sering terjadi pada wanita, dan ingatlah ISK yang tidak diobati dengan baik dapat berkembang menjadi komplikasi penyakit yang lebih serius yang memerlukan pengobatan lebih lama.

Ingat : MENCEGAH lebih baik daripada MENGOBATI!

8 Responses to “Infeksi Saluran Kencing (ISK) Pada Wanita”

  1. Consolidation Debton 22 Mar 2008 at 7:27 pm

    Certainly good reading concerning Infeksi Saluran Kencing (ISK) Pada Wanita. Your posts is without doubt why I keep visit your blog. Best wishes - Happy New Year!

  2. Pennasia Normalizationon 16 Apr 2008 at 9:16 am

    We are very pleased to find your site and it is really informational for us. Besides, we would like to have good sharing about a disease. For the patients or the sufferers, hopefully, they will get well as soon as possible. We are so sorry for wrong comment a little bit. And additional information in a few days later, Pennasia Normalization will launch Technique of Diabetes Therapy for free charge in our site. You can tell your friends or someone that suffers diabetes about this good information. Good luck and God bless you!!

    Regards,

    Pennasia Normalization

  3. kesehatan anakon 12 Jul 2008 at 2:24 pm

    ISk merupakan penyakit yang bisa dikatakan hal yang biasa pada wanita. kenali tanda dan gejalanya. Yang penting pencegahan, jaga higiene organ vital, jangan berganti2 pasangan

  4. Unsecured Personal Loanon 01 Aug 2008 at 8:08 pm

    I couldn’t understand some parts of this article Infeksi Saluran Kencing (ISK) Pada Wanita, but I guess I just need to check some more resources regarding this, because it sounds interesting….Bad Credit Loan Online Personal Unsecured

  5. Refinanceon 01 Aug 2008 at 9:14 pm

    Hi from New York And thanks for the web site. It was just the thing I had been looking for. It has helped me no end. Thanks again

  6. Refinancing Loanon 01 Aug 2008 at 10:12 pm

    I have been searching on the net for Refinancing Loan and end up visiting your site. I really like the posts here, especially this one regarding Infeksi Saluran Kencing (ISK) Pada Wanita. I already bookmarked your site and sure visit again….Charlotte Refinancing College Loan

  7. Personal Loanson 01 Aug 2008 at 10:37 pm

    I have to say, that I could not agree with you completely, but it’s just my opinion, which could be wrong.

  8. Home Mortgage Loan Rateon 01 Aug 2008 at 10:38 pm

    I never thought i will find this much information on Infeksi Saluran Kencing (ISK) Pada Wanita today. Nice post mate - keep up the good work.

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply